SharinK & FuturE ™ | Komunitas Forum Indonesia
SharinK & FuturE ™©️ 2012

===================================

Selamat datang di forum

SharinK & FuturE ™

FREE Forum, Artikel,Download Center, Aplikasi, Softwares, dll.

Silahkan REGISTER Dahulu.

===================================
Perlu di Ingat bahwa MEMBER diharuskan
LOGIN
untuk mengunduh kontent didalam forum, dan untuk melihat image yg ada.

Contact Email : hynacassandra@ymail.com
dindut.dd@gmail.com

===================================

Copyright ©️ SharinK & FuturE ™ 2012.


Saling Bertukar Informasi Dalam Segala Bidang Dan Untuk Memajukan Pandangan Kedepan Menjadikan Indonesia Semakin Lebih Baik
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
TRANSLATE
English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
.
September 2017
MonTueWedThuFriSatSun
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930 
CalendarCalendar
Latest topics
» Cara Mudah Mengeluarkan Racun Dari Tubuh!
by CASSANDRA Mon Sep 22, 2014 3:51 pm

» FYI: Xiaomi Redmi 1S bisa dibeli secara offline pada kuartal keempat 2014
by CASSANDRA Fri Sep 19, 2014 3:50 pm

» Mi Rebus Bayam
by CASSANDRA Fri Sep 19, 2014 3:46 pm

» Ini Dia Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan!
by CASSANDRA Wed Sep 10, 2014 10:30 am

» 11 Makanan yang Membuat Anda Semakin Lapar
by CASSANDRA Tue Sep 09, 2014 8:49 am

WEBSITE LINK
.
.
|Free Automatic Backlinks High Pagerank Generator|
.
.
Get backlinks - link building services where you can get link exchange free 100% to create backlinks for SEO
.
.
.
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
.

Share | 
 

 ~ Wanita Pra~MenoPause

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
CASSANDRA
ADMIN
ADMIN
avatar

Jumlah posting : 605
Join date : 29.08.12
Age : 48
Lokasi : Garut

PostSubyek: ~ Wanita Pra~MenoPause    Fri Dec 21, 2012 3:38 pm

M e ~N ~o~ Pause


Semua orang yang mulai mendekati masa-masa menopause pasti akan segera mencari tanda-tanda yang muncul dari dirinya. Namun kebanyakan wanita hanya mencari tanda-tanda umum seperti kehilangan gairah seksual, mudah marah, kepanasan, atau tanda lainnya. namun selengkappnya bacaa yang dibawah yaa . .




Wanita
Menopause adalah sebuah kondisi yang sangat identik dengan kaum wanita. Berakhirnya aliran hormon estrogen di dalam tubuh merupakan sebuah tanda pada wanita memasuki masa menopause. Pada wanita, ketika ia mengalami adanya jeda yang permanen dalam siklus menstruasinya berarti dia mengalami gejala menopause hal ini disebabkan oleh proses penuaan pada ovarium yang merupakan proses alami, maupun proses ‘buatan’ seperti operasi pengangkatan indung telur yang umumnya terjadi pada wanita berusia 46 – 52 tahun. Istilah menopause sendiri digunakan untuk wanita yang memiliki perubahan hormon secara drastis setelah usia 40. Tetapi tidak hanya wanita, pria pun mengalaminya. Akan tetapi, perbedaannya menopause pada pria tidak membuatnya mengalami penurunan kesuburan secara drastis, seperti yang dialami kaum wanita.


Gejala >> :

- Perubahan fisik

Ketika mengalami menopause, berat badan pria akan bertambah, massa ototnya melemah, dan tubuh terlihat melonggar. Rambut rontok, disfungsi ereksi, dan depresi juga menjadi gejala lain dari menopause pria.

Tubuh terasa nyeri, terutama sendi lutut dan siku. Anda juga menjadi malas dan tidak aktif. Jika itu yang dirasakan, sebaiknya segera periksa perubahan tubuh Anda.

Obesitas merupakan gejala umum pria menopause. Jogging setiap pagi dapat menjadi solusi untuk mengantisipasi hal tersebut agar tubuh dan pikiran kian bugar dan sehat.

- Perubahan suasana hati

Mudah marah adalah salah satu tanda umum mengetahui bahwa seorang pria mengalami menopause. Sementara beberapa orang menjadi gelisah, lainnya menjadi malas. Ada juga yang justru menjadi sangat giat bekerja. Hal ini dikarenakan perubahan suasana hati yang berbeda pada setiap orang.

- Berkeringat di malam hari

Tiba-tiba Anda bangun di tengah malam dan menemukan tubuh basah karena keringat, waspadalah. Itu juga pertanda lain Anda mengalami menopause.

Selain itu, gejala lainnya Anda merasakan hawa dingin, tetapi tetap berkeringat. Sulit tidur malam hari juga menjadi tanda lainnya.

- Kurangnya libido

Karena penurunan produksi testosteron, beberapa orang tidak memiliki kemampuan memiliki ereksi. Namun, tidak umum untuk semua orang.



Gejala >>:

1. Menstruasi berhenti selama tiga hingga enam bulan, kemudian muncul lagi
Ketika mengalami hal ini, wanita cenderung berpikir bahwa mereka sedang hamil. Saat mereka tahu itu bukan kehamilan, maka mereka menganggap itu bukan hal yang penting. Padahal menstruasi yang tidak teratur atau bahkan berlebihan adalah salah satu tanda pra-menopause.

2. Payudara terasa lebih lembut
Karena menstruasi yang tak terkendali, maka Anda cenderung tak akan memperhatikan perubahan pada payudara Anda. Pada masa pra-menopause, payudara bisa menjadi lebih lembut terus-menerus.

3. Migrain yang semakin parah
Beberapa wanita mengalami migrain selama masa menstruasi. Pada masa pra-menopause, migrain yang mereka alami bisa bertambah parah. Para wanita jarang menyadari ini karena mereka berpikir ini berkaitan dengan hormon mereka yang sedang tak stabil selama masa menstruasi.

4. Kecemasan bertambah
Beberapa wanita mungkin tak pernah mengira bahwa meningkatnya kecemasan bisa menjadi tanda-tanda menopause. Namun jika Anda mendekati masa menopause, dan Anda mengalami peningkatan kecemasan hingga menimbulkan kesulitan bernafas, detak jantung yang lebih cepat, pusing, dan berkeringat secara berlebihan, Anda patut waspada.

5. Kesehatan mental semakin terganggu
Hal ini bisa terjadi pada wanita yang mengalami depresi dan kelainan bipolar. Gejala depresi atau penyakit mental mereka semakin parah selama masa pra-menopause.

Ada baiknya Anda selalu membuat catatan mengenai siklus menstruasi Anda atau memperhatikan tanda-tanda tersebut. Dengan begitu, tak akan ada tanda-tanda sekecil apapun yang lolos dari pengawasan Anda, dan Anda bisa mempersiapkan diri Anda untuk masa menopause




Penyebab dari gejala adalah dikarenakan pada saat menopause, kadar hormon estrogen dalam tubuh seorang perempuan mengalami fluktuasi, sehingga menyebabkan keluhan jangka pendek. Kadar estrogen tersebut nantinya akan mengalami penurunan sampai mencapai titik terendah yang akan meningkatkan risiko kardiovaskular (jantung) dan osteoporosis


TERAPI :
Dengan melakukan diet, olahraga, serta pemberian suplemen, semisal kalsium. Selain melalui pencegahan, menopause juga dapat ditangani dengan pengobatan. Salah satunya adalah dengan menggunakan terapi sulih hormon (TSH).


Momen menopause masih merupakan hal yang paling ditakuti oleh sebagian besar wanita. Padahal, cepat atau lambat, masa itu akan terjadi dalam kehidupan mereka. Terkadang, masa menopause sering berkebalikan dengan masa puber kedua pria. Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan bagi pasangannya. Untuk menghadapinya dibutuhkan usaha yang konsisten dan keyakinan yang penuh. Salah satunya adalah selalu berpikir positif. Beri banyak waktu untuk mempelajari tentang menopause itu sendiri . Mulailah untuk melakukan berbagai aktifitas seperti olahraga dan yoga yang mampu mengurangi pikiran negatif.

InfOO SEHAT DENGAN TEMPE


Dibanding dengan penggunaan TSH yang mahal karena harus diminum setiap hari, isoflavon relatif lebih murah, mudah didapat dan tidak mempunyai efek samping. Anda dapat mendapatkan sumber isoflavon alami pada tumbuh-tumbuhan misalnya kacang merah, kecambah atau kedelai. Kacang kedelai dapat memperbaiki lipoprotein dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat, karena tidak mengandung kolesterol.


Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi protein kedelai mempunyai efek menurunkan kolesterol. Salah satu contoh makanan yang gampang ditemui sekaligus mengandung isoflavon tinggi adalah tempe. Tentu ada syaratnya. “Kalau pingin mendapat manfaat isoflavon dari tempe, sebaiknya tempe tersebut diolah dengan cara direbus atau dikukus. Kalau digoreng, manfaatnya akan berkurang, karena minyak yang digunakan untuk menggoreng dapat menambah kadar kolesterol dalam darah,” ujar Baziad. Ya, Anda harus pintar-pintar mengolah produk kedelai ini agar khasiatnya terasa. Anda juga bisa membuat olahan sayur dari tempe atau dibacem.


Bagaimana dengan susu kedelai? “Kadar isoflavon dalam susu kedelai malah rendah. Selain itu, kadar kolesterolnya pun telah tinggi, sehingga efek positifnya menurun,” tambahnya.


Untuk isoflavon alami ini tidak ada patokan berapa gram yang harus dikonsumsi setiap harinya. Juga bisa dikonsumsi kapan saja. Efek samping fitoestrogen pun hingga saat ini belum ditemukan.


Bila Anda tak punya banyak waktu untuk mengolah tempe, Anda bisa menggunakan cara yang lebih praktis, yaitu dengan mengonsumsi kapsul isoflavon yang kini telah dijual di pasaran. Kapsul isoflavon mengandung 50 mg isoflavon. Dari hasil uji coba, 1 cangkir kedelai bermutu bagus setara dengan 25 mg kapsul isoflavon.


Bagaimana dengan efek samping fitoestrogen dalam bentuk kapsul? “Hingga saat ini belum ada pasien yang melaporkan dan belum ada keluhan apa-apa. Jadi, terserah pasien, mau pilih yang alami atau yang praktis,” tutur Baziad. Jadi, untuk tampil cantik dan sehat di masa menopause ternyata tidak sulit, bukan? Tak ada salahnya mulai sekarang Anda memperbanyak konsumsi tempe.


More again Info sehat dengan Kedelai

Fakta : Kedelai ternyata dapat memperlambat menopause pada wanita. Rata-rata menopause datang ketika wanita memasuki usia 51 tahun bahkan bisa lebih awal. Namun, dengan rutin mengonsumsi kedelai tiap hari, menopause ini bisa terjadi di awal usia 60.


Dosen Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, Prof.Dr.Ir.Made Setiawan di Jakarta (12/4) menyatakan bahwa kebiasaan mengonsumi kedelai atau produk olahannya sebanyak 50-90 mg/hari akan memperlambat gejala menopause. Di Jepang, yang kaum wanitanya rutin mengonsumsi kedelei, menopause baru terjadi saat memasuki usia 57 tahun. Seperti diketahui, gejala menopause meliputi perubahan siklus menstruasi, perasaan panas yang muncul sebentar dan membuat wajah dan leher memerah, munculnya bintik merah di dada, punggung dan lengan , serta gangguan tidur. Mengapa kedelai bisa memperlambat menopause? Ternyata kedelai mengandung protein yang kaya akan isoflavon, zat yang serupa dengan estrogen. Kandungan antioksidan tinggi pada isoflavon ini fungsinya memperlambat penuaan dini. Tak hanya itu, isoflavon pun ampuh mencegah penyakit yang trend di kalangan wanita saat ini, yaitu kanker payudara. Juga penyakit jantung, kanker prostat pada pria, diabetes, serta osteoporosis.
"Kedelai ini tak hanya baik untuk wanita, melainkan juga pria. Semakin dini mengonsumsinya, makin baik pula pencegahan terhadap berbagai penyakit. Untuk wanita, sebaiknya sejak pubertas sudah dibiasakan mengonsumsi kedelai," tambahnya.
Untuk produk olahan kedelai seperti tempe dan tahu, sebaiknya direbus pengolahannya bilang ingin hasil optimal. Bila digoreng, meski tidak mengurangi isoflavonnya, akan berpengaruh pada bertambahnya lemak dalam dalam tubuh.
Untuk jenis kedelainya, tak perlu dipersoalkan. Hitam atau kuning sama saja. Perbedaannya hanya terletak pada kulitnya, sedangkan kandungan isoflavon di dalamnya tetap sama. Namun, berdasarkan penelitian, kedelai hitam lebih bagus karena kulitnya mengandung antioksidan yang tinggi.
Bila Anda pernah mendengar mitos bahwa konsumsi kedelai dapat menyebabkan asam urat, mandul, atau yang lainnya, semua itu tidak benar. Menurut Made, tak ada masalah dengan konsumsi kedelai tiap hari. Bahkan dengan konsumsi tiap hari, akan bagus untuk ketahanan tubuh, pertumbuhan yang bagus pada anak, serta kecerdasan otak.
Di samping itu, kedelai memiliki indeks gilkemik yang rendah yang bisa mengendalikan kadar gula darah, mempertahankan berat badan, serta menurunkan kolestrol, kedelai ini tidak bisa digunakan untuk mengganti karbohidrat atau kandungan gizi lainnya.






_________________
" Jadikan Kepandaian Sebagai Kebahagiaan Bersama, Sehingga Mampu Meningkatkan Rasa Ikhlas Untuk Bersyukur Atas Kesuksesan "
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
~ Wanita Pra~MenoPause
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» perbedaan wanita dan cewek
» kata-kata bijak, semoga bermanfaat
» MUTILASI V*GINA...??!!!!!
» rahasai kepintaran yahudi
» Hal-Hal yang dapat membuat kaum lelaki menangis

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SharinK & FuturE ™ | Komunitas Forum Indonesia :: ZONA ARTIKEL :: Informasi :: Kesehatan-
Navigasi: