SharinK & FuturE ™ | Komunitas Forum Indonesia
SharinK & FuturE ™©️ 2012

===================================

Selamat datang di forum

SharinK & FuturE ™

FREE Forum, Artikel,Download Center, Aplikasi, Softwares, dll.

Silahkan REGISTER Dahulu.

===================================
Perlu di Ingat bahwa MEMBER diharuskan
LOGIN
untuk mengunduh kontent didalam forum, dan untuk melihat image yg ada.

Contact Email : hynacassandra@ymail.com
dindut.dd@gmail.com

===================================

Copyright ©️ SharinK & FuturE ™ 2012.


Saling Bertukar Informasi Dalam Segala Bidang Dan Untuk Memajukan Pandangan Kedepan Menjadikan Indonesia Semakin Lebih Baik
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
TRANSLATE
English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
.
December 2017
MonTueWedThuFriSatSun
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
CalendarCalendar
Latest topics
» Cara Mudah Mengeluarkan Racun Dari Tubuh!
by CASSANDRA Mon Sep 22, 2014 3:51 pm

» FYI: Xiaomi Redmi 1S bisa dibeli secara offline pada kuartal keempat 2014
by CASSANDRA Fri Sep 19, 2014 3:50 pm

» Mi Rebus Bayam
by CASSANDRA Fri Sep 19, 2014 3:46 pm

» Ini Dia Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan!
by CASSANDRA Wed Sep 10, 2014 10:30 am

» 11 Makanan yang Membuat Anda Semakin Lapar
by CASSANDRA Tue Sep 09, 2014 8:49 am

WEBSITE LINK
.
.
|Free Automatic Backlinks High Pagerank Generator|
.
.
Get backlinks - link building services where you can get link exchange free 100% to create backlinks for SEO
.
.
.
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
.

Share | 
 

 Penggunaan ORM pada Pengembangan SAKTI

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
CASSANDRA
ADMIN
ADMIN
avatar

Jumlah posting : 605
Join date : 29.08.12
Age : 48
Lokasi : Garut

PostSubyek: Penggunaan ORM pada Pengembangan SAKTI    Fri Jun 21, 2013 8:20 am

Penggunaan ORM pada Pengembangan SAKTI

Pada saat ini pengembangan SAKTI telah sampai pada tahapan Unit Test dan akan segera memasuki tahapan Integration Test. Untuk sampai memasuki tahapan ini tentunya sebelumnya telah dilakukan tahapan pengembangan aplikasi. Aplikasi SAKTI dikembangkan dengan teknik pemrograman Object Relational Mapping, Object Relational Mapping atau biasa dikenal dengan istilah ORM adalah sebuah teknik pemrograman yang dapat memetakan tabel pada basis data relasional dengan bahasa pemrograman berorientasi objek.
Penggunaan ORM pada pengembangan aplikasi mempunyai keunggulan dari sisi kepraktisan pengelolaan database melalui teknik pemrograman yang digunakan, dikarenakan setiap tabel sudah dipetakan melalui kelas-kelas yang dibangun pada aplikasi tersebut. Setidaknya terdapat empat kemudahan yang diperoleh jika menggunakan ORM, yaitu:

  • Produktivitas : Proses Coding (penulisan baris program) biasanya mendapat porsi waktu yang banyak dari jadwal pembangunan aplikasi secara keseluruhan. Ketika kita menggunakan ORM, jumlah baris program tidak akan berkurang malah kemungkinan akan bertambah/ meningkat, tetapi dengan menggunakan ORM kita dapat menghasilkan seluruh baris program secara otomatis sesuai dengan model data yang telah didefinisikan sebelumnya.
  • Desain Aplikasi : ORM, diciptakan oleh programmer perangkat lunak yang berpengalaman dan tentunya akan menerapkan pola pengembangan aplikasi yang efektif  sehingga akan memaksa kita untuk melakukan pemrograman yang baik pada proses pengembangan aplikasi. Disisi lain, hal ini dapat membantu kita untuk melakukan pengembangan proses bisnis aplikasi dan pengembangan aplikasi secara paralel.
  • Penggunaan baris program secara bersamaan : Jika kita membuat sebuah class library dengan mengunakan ORM , kita dapat dengan mudah menggunakan kembali objek tersebut pada aplikasi lain. Dengan cara ini, setiap aplikasi yang menggunakan class library yang sama tidak perlu memiliki baris program tersendiri.
  • Pemeliharaan aplikasi yang mudah: Semua baris program yang dihasilkan oleh ORM  diasumsikan telah diuji  dengan baik, sehingga kita tidak perlu khawatir tentang pengujian secara menyeluruh. Untuk jangka panjang, kita dapat mengubah skema database tanpa mempengaruhi bagaimana aplikasi berinteraksi dengan objek data.

Untuk mengimplementasikan ORM ini, tersedia berbagai perangkat lunak yang ada, beberapa diantaranya adalah EclipseLink, Hibernate, iBatis, JPA, TopLink dan lain-lain.
Aplikasi SAKTI menggunakan bahasa pemrograman Java dan teknik pemrograman yang digunakan dalam proses pengembangannya adalah ORM, dalam mengimplemetasikan ORM tersebut pengembang aplikasi memilih Hibernate sebagai perangkat ORM. Penggunaan Hibernate sebagai perangkat ORM memiliki fitur-fitur terdepan untuk pengaplikasiannya,yaitu Hibernate mendukung berbagai macam database yang sering dipakai dan popular di kalangan pengembang dan perancang perangkat lunak seperti Microsoft SQL Server, MySQL, Oracle dan PostgreSQL.
Dengan disediakannya proses mapping objek Java menjadi struktur tabel database, maka secara otomatis akan mengkonversi tipe data dari Java menjadi tipe data pada basis data yang digunakan. Untuk berkomunikasi dengan basis data Hibernate menyediakan fasilitas connection pooling serta penggunaan transaction management saat session berlangsung. Hal ini tentunya akan mempermudah pengembang aplikasi dalam proses pengembangan aplikasi SAKTI dan supaya pengembang aplikasi dapat mengerjakan proses bisnis aplikasi dengan lebih baik.

[Achmad Ford]

_________________
" Jadikan Kepandaian Sebagai Kebahagiaan Bersama, Sehingga Mampu Meningkatkan Rasa Ikhlas Untuk Bersyukur Atas Kesuksesan "
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
Penggunaan ORM pada Pengembangan SAKTI
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Fitur baru Readmore pada blogspot!
» Pasang comment Union pada commentar Blog mu
» perkenalan newbie biasa seperti yang lain pada umumnya
» efek ganti knalpot racing...
» HT & Throat mic buat yg doyan touring

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SharinK & FuturE ™ | Komunitas Forum Indonesia :: Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara :: SAKTI ( Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi )-
Navigasi: