SharinK & FuturE ™ | Komunitas Forum Indonesia
SharinK & FuturE ™©️ 2012

===================================

Selamat datang di forum

SharinK & FuturE ™

FREE Forum, Artikel,Download Center, Aplikasi, Softwares, dll.

Silahkan REGISTER Dahulu.

===================================
Perlu di Ingat bahwa MEMBER diharuskan
LOGIN
untuk mengunduh kontent didalam forum, dan untuk melihat image yg ada.

Contact Email : hynacassandra@ymail.com
dindut.dd@gmail.com

===================================

Copyright ©️ SharinK & FuturE ™ 2012.


Saling Bertukar Informasi Dalam Segala Bidang Dan Untuk Memajukan Pandangan Kedepan Menjadikan Indonesia Semakin Lebih Baik
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
TRANSLATE
English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
.
December 2017
MonTueWedThuFriSatSun
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
CalendarCalendar
Latest topics
» Cara Mudah Mengeluarkan Racun Dari Tubuh!
by CASSANDRA Mon Sep 22, 2014 3:51 pm

» FYI: Xiaomi Redmi 1S bisa dibeli secara offline pada kuartal keempat 2014
by CASSANDRA Fri Sep 19, 2014 3:50 pm

» Mi Rebus Bayam
by CASSANDRA Fri Sep 19, 2014 3:46 pm

» Ini Dia Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan!
by CASSANDRA Wed Sep 10, 2014 10:30 am

» 11 Makanan yang Membuat Anda Semakin Lapar
by CASSANDRA Tue Sep 09, 2014 8:49 am

WEBSITE LINK
.
.
|Free Automatic Backlinks High Pagerank Generator|
.
.
Get backlinks - link building services where you can get link exchange free 100% to create backlinks for SEO
.
.
.
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
.

Share | 
 

  Pengujian SAKTI : Strategi dan Metode

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
CASSANDRA
ADMIN
ADMIN
avatar

Jumlah posting : 605
Join date : 29.08.12
Age : 48
Lokasi : Garut

PostSubyek: Pengujian SAKTI : Strategi dan Metode   Tue Dec 17, 2013 7:17 pm

Pengujian SAKTI : Strategi dan Metode

[You must be registered and logged in to see this image.]


PENDAHULUAN

Pengujian merupakan suatu kegiatan dimana suatu sistem atau komponen dijalankan dalam kondisi tertentu, yang mana hasilnya diamati atau direkam, untuk kemudian dilakukan evaluasi (IEEE Standard Glossary).

Dalam suatu siklus pengembangan perangkat lunak, pengujian merupakan tahap yang pasti ada dan kritikal, terlepas dari metodologi dan strategi yang digunakan. Di dalam tahapan ini akan dipastikan mengenai kualitas dan kesesuaian perangkat lunak yang dikembangkan, apakah telah memenuhi kebutuhan-kebutuhan, baik kebutuhan fungsional maupun non-fungsional, serta desain yang telah didefinisikan sebelumnya. Selain itu, seringkali di tahap ini pula nasib suatu proyek pengembangan perangkat lunak ditentukan, go or not go.


[You must be registered and logged in to see this image.]

da banyak jenis dan metode pengujian suatu perangkat lunak yang telah dikenal, sebut saja Unit Testing, Integration Testing, System Testing, Acceptance Testing, White Box Testing, Black Box Testing, dan lain-lain. Jenis dan metode yang ada tersebut dapat digunakan sebagian atau seluruhnya sesuai dengan kebutuhan. Lalu bagaimana dengan SAKTI?

STRATEGI DAN METODE PENGUJIAN SAKTI

SAKTI merupakan salah satu sistem yang memiliki tingkat kompleksitas tinggi. Mengintegrasikan setidaknya 8 aplikasi eksisting dengan karakteristik yang berbeda-beda tentu bukan pekerjaan yang mudah, baik dalam proses pengembangan maupun dalam menjaga konsistensi dan kualitasnya. Oleh karena itu, ketika dihadapkan pada tahap pengujian, yaitu tahap yang biasanya memerlukan waktu paling lama, maka perlu disusun strategi yang mumpuni agar proses pengujian dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

[You must be registered and logged in to see this image.]


Secara garis besar, SAKTI mengadopsi strategi pengujian SPAN yaitu dengan menggunakan pendekatan incremental testing, yaitu pengujian secara bertahap dimulai dari level terkecil (modul) secara terisolir untuk kemudian dilanjutkan ke arah integrasi yang lebih besar. Jenis pengujian utama yang dipilih pun tidak jauh berbeda, yaitu Unit Test, Integration Test, dan User Acceptance Test. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya.

Unit Test (UT). Pada dasarnya unit testing adalah aktivitas pengujian fungsionalitas satuan terkecil dari sebuah perangkat lunak. Satuan terkecil itu sering direpresentasikan berbeda-beda, seperti fungsi, prosedur, class, dll. Di dalam SAKTI, Unit Test dimaksud adalah pengujian fungsionalitas masing-masing modul secara independen. Pada tahap ini pengujian dilakukan oleh system analyst dari internal DTP dan juga tim pengembang dari vendor.

Integration Test (IT). Pengujian ini menitikberatkan pada integrasi/keterkaitan antar modul pada SAKTI. Berbeda dengan unit test dimana data yang digunakan adalah dummy dan hanya memastikan kesesuaian fungsionalitas hanya pada masing-masing modul, pada tahap integration test ini, masing-masing modul diharapkan dapat menerima dan mengolah data yang disediakan oleh modul lain dan juga dapat menghasilkan data yang diperlukan oleh modul lain. Seperti halnya dalam UT, pada tahap ini pengujian juga dilakukan oleh system analyst dari internal DTP dan juga tim pengembang dari vendor.

User Acceptance Test (UAT). Tahap pengujian ini biasanya merupakan tahap terakhir dari suatu pengembangan perangkat lunak sebelum diserahkan dan digunakan secara luas. UAT disini pada dasarnya adalah sama dengan IT, perbedaannya hanya pada pengujinya, yaitu calon penggunanya langsung dan kadang juga melibatkan Subject Matter Expert (para ahli di bidangnya). Perbedaan penguji ini akan menimbulkan sudut pandang dan opini yang berbeda pada saat pengujian, sehingga dapat terjadi suatu hal yang telah lulus uji pada fase pengujian sebelumnya belum tentu lulus pada tahap pengujian ini.

Selain tiga fase pengujian utama tersebut, SAKTI direncanakan juga akan melakukan Regression Test sebelum UAT untuk memastikan bahwa bugs dan error yang ditemukan selama IT sudah diperbaiki dan fungsionalitas kembali berjalan sebagaimana mestinya, serta Performance/Stress Test untuk menguji daya tahan dan stabilitas sistem secara teknis.

Sementara itu, metode pengujian yang digunakan selama tahap pengujian adalah Black Box Testing, yaitu fokus hanya pada kebenaran output yang dihasilkan atas input tertentu, dengan mengabaikan pengetahuan tentang bagaimana proses yang dilakukan di dalam sistem untuk menghasilkan output tersebut. Pemilihan dan penggunaan metode ini diharapkan dapat memangkas kebutuhan waktu dan sumber daya yang dibutuhkan untuk melakukan pengujian namun dengan tetap tidak menyampingkan kualitas SAKTI yang akan dihasilkan.

_________________
" Jadikan Kepandaian Sebagai Kebahagiaan Bersama, Sehingga Mampu Meningkatkan Rasa Ikhlas Untuk Bersyukur Atas Kesuksesan "
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
Pengujian SAKTI : Strategi dan Metode
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Hobi sound system
» Ask strategi lawan nang in
» Tugas _broadcast dan point to point

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SharinK & FuturE ™ | Komunitas Forum Indonesia :: Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara :: SAKTI ( Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi )-
Navigasi: