SharinK & FuturE ™ | Komunitas Forum Indonesia
SharinK & FuturE ™©️ 2012

===================================

Selamat datang di forum

SharinK & FuturE ™

FREE Forum, Artikel,Download Center, Aplikasi, Softwares, dll.

Silahkan REGISTER Dahulu.

===================================
Perlu di Ingat bahwa MEMBER diharuskan
LOGIN
untuk mengunduh kontent didalam forum, dan untuk melihat image yg ada.

Contact Email : hynacassandra@ymail.com
dindut.dd@gmail.com

===================================

Copyright ©️ SharinK & FuturE ™ 2012.


Saling Bertukar Informasi Dalam Segala Bidang Dan Untuk Memajukan Pandangan Kedepan Menjadikan Indonesia Semakin Lebih Baik
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
TRANSLATE
English French German Spain

Italian Dutch Russian Brazil

Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
.
January 2019
MonTueWedThuFriSatSun
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   
CalendarCalendar
Latest topics
» Cara Mudah Mengeluarkan Racun Dari Tubuh!
by CASSANDRA Mon Sep 22, 2014 3:51 pm

» FYI: Xiaomi Redmi 1S bisa dibeli secara offline pada kuartal keempat 2014
by CASSANDRA Fri Sep 19, 2014 3:50 pm

» Mi Rebus Bayam
by CASSANDRA Fri Sep 19, 2014 3:46 pm

» Ini Dia Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan!
by CASSANDRA Wed Sep 10, 2014 10:30 am

» 11 Makanan yang Membuat Anda Semakin Lapar
by CASSANDRA Tue Sep 09, 2014 8:49 am

WEBSITE LINK
.
.
|Free Automatic Backlinks High Pagerank Generator|
.
.
Get backlinks - link building services where you can get link exchange free 100% to create backlinks for SEO
.
.
.
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
.

Share | 
 

 Indonesia, Negara ke -3 terkotor di Dunia

Go down 
PengirimMessage
CASSANDRA
ADMIN
ADMIN
avatar

Jumlah posting : 605
Join date : 29.08.12
Age : 49
Lokasi : Garut

PostSubyek: Indonesia, Negara ke -3 terkotor di Dunia    Tue Oct 16, 2012 9:18 am

Indonesia, Negara Terkotor Ke-3 di Dunia!

Ketika beberapa waktu lalu, Kota Bekasi dan Bandar Lampung dinobatkan sebagai kota terkotor di Indonesia, kini negera Indonesia-lah yang dinobatkan sebagai negara terkotor ketiga di dunia setelah India dan China, masing-masing di urutan pertama dan kedua. Predikat yang disematkan oleh badan kesehatan dunia ini melihat dari segi kualitas kebersihan sanitasinya, dimana di Indonesia, baru sekitar 36% masyarakat, atau kurang lebih 80 juta warga yang memiliki sanitasi sangat bagus dari total penduduk sekitar 230 juta jiwa saat ini.

Penilaian WHO dilihat dari bagaimana masyarakat di suatu negara menjunjung tinggi kebersihan dan kesehatan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu kota yang dilihat dan dinilai tentu saja Jakarta sebagai ibukota negara.
Sudah tidak dimungkiri lagi bahwa Jakarta telah menjadi magnet bagi masyarakat Indonesia sehingga banyak sekali pendatang yang mencoba mengadu nasib di Jakarta. Dengan berbagai fasilitas yang ada dan perputaran uang yang sangat cepat, banyak yang bermimpi untuk menaklukkan kota yang menjanjikan beribu mimpi bagi para pemimpi. Bagi pendatang dan pengadu nasib dengan pengetahuan dan keterampilan tinggi serta keahlian yang bisa dibilang di atas rata-rata, menaklukkan kota Jakarta mungkin hal yang sangat mudah. Namun, bagi mereka yang hanya bermodalkan dengkul dan tekad, tak ayal banyak yang terpuruk dan terjerumus di lembah kemiskinan.

Potret Jakarta saat ini bagaikan dua sisi mata uang. Tampak semakin banyak gedung-gedung bertingkat dan berbagai fasilitas tersedia di sana. Namun, di sisi lain, semakin banyak pula warga yang hidup terpinggirkan, di wilayah yang bisa disebut sebagai daerah kumuh, walaupun mungkin letaknya bisa bersebelahan dengan wilayah elit.
Sebut saja, penghuni bantaran sungai ciliwung. Sungai terbesar yang melintasi kota Jakarta ini menjadi pilihan tempat hidup bagi warga miskin Jakarta. Sungai itu menjadi jantung kehidupan mereka. Berbagai aktivitas keseharian menggantungkan pada sungai yang tidak bisa dibilang bersih dan sehat itu. Mulai dari mandi, mencuci, dan buang air dilakukan di satu aliran sungai itu. Tak terbayangkan bukan bagaimana kotor dan tidak sehatnya perilaku hidup mereka? Tak hanya itu, buang sampah pun mereka lakukan di sungai ciliwung. Bagaimana bisa kita mengotori air sungai sementara kita pula yang memanfaatkan air tersebut? Dimana rasa kebersihan dan kesehatan mereka? Sudah tidak pentingkah bagi mereka? Atau karena miskinnya, mereka sudah tidak lagi berpikir tentang bersih dan sehat?

Sebenarnya, pemerintah sudah menyediakan toilet atau sarana MCK bagi warga bantaran sungai ciliwung. Namun, menurut salah seorang warga, MCK itu ditinggalkan dan dibiarkan tidak terurus sehingga kondisinya sudah rusak dan tidak layak pakai. Alasan ditinggalkan bukan karena sudah rusak sebelumnya, namun lebih kepada kenyamanan mereka melakukan MCK di sungai ciliwiung diandingkan di toilet umum. Aneh memang. Diberikan sarana dan prasarana, malah tidak dimanfaatkan dengan baik. Akhirnya perilaku hidup tanpa sanitasi yang bagus itupun terus berlanjut tanpa memikirkan bagaimana kehidupan mereka ke depannya.
Minimnya sarana sanitasi inilah yang menempatkan Indonesia menjadi salah satu negara terkotor dan terjorok di dunia. Mungkin India dan China pun memiliki permasalahan yang sama. Karena saya pernah mendengar dari salah satu murid saya yang pernah berlibur ke China, bahwa ketika berlibur kesana, jangan berharap bisa menemukan toilet yang bersih dan nyaman. Hampir di semua pelosok kota yang ia singgahi di China memiliki MCK yang super buruk!

Bandingkan dengan MCK gedung DPR yang baru saja direnovasi dan menghabiskan dana sekitar 2 milyar rupiah, sementara MCK yang sebelumnya masihlah sangat representatif. Kenapa pula pemerintah cenderung membaguskan hal-hal yang sudah bagus, di lain pihak, membiarkan hal yang jelek tetap tak tersentuh. Sebaiknya pemerintah sudah mulai melirik wilayah-wilayah kumuh dan menjadikannya lebih baik. Tidak perlu lah mengeluarkan uang terlalu banyak untuk memfasilitasi para wakil rakyat itu untuk semua hal yang berbau kemewahan. Lebih baik anggaran dananya dialokasikan untuk perbaikan dan kesejahteraan warga miskin yang masih jauh dari berkurang jumlahnya.

Pemberian predikat terkotor ini tentunya harus menjadi tolak ukur bagi perbaikan sarana kebersihan dan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia. Artinya, hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan calon-calon pemimpin wilayah, khususnya pimpinan kota Jakarta, yang sebentar lagi akan terpilih. Semoga di masa mendatang, tidak lagi ada predikat negatif yang disematkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia Tercinta .

_________________
" Jadikan Kepandaian Sebagai Kebahagiaan Bersama, Sehingga Mampu Meningkatkan Rasa Ikhlas Untuk Bersyukur Atas Kesuksesan "
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
Indonesia, Negara ke -3 terkotor di Dunia
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SharinK & FuturE ™ | Komunitas Forum Indonesia :: ZONA ARTIKEL :: Informasi-
Navigasi: